Candiru, Lele Terkecil Di Dunia Yang Lebih Berbahaya dari Piranha

Candiru
(source: decodedsscience,org)
Candiru (Vandellia cirrhosa), nama yang asing di telinga kebanyakan orang, terutama bagi orang Indonesia, karena ikan ini memang hanya ada di sungai Amazon. Bagi penduduk di sekitar sungai Amazon, keberadaan ikan Candiru sangat ditakuti, bahkan melebihi ikan Piranha dengan banyaknya mitos tentang ikan ini. Ikan Candiru merupakan keluarga Lele, bertubuh panjang sekitar 1 inchi, mirip  belut, tapi kepala mirip lele, dengan kumis di bagian depan mulutnya. Tuibuh transparan, tembus pandang, sehingga sulit dilihat di dalam air.

Canditru, berukuran sangat kecil
(source: Mpora.com)
Candiru adalah termasuk parasit. Ia masuk ke celah-celah insang ikan lain, mengeluarkan tulang belakangnya agar dapat berpegangan dan meminum darah di insang, sehingga dijuluki "ikan vampir dari Brazil".

Salah satu mitos mengatakan bahwa ikan ini tertarik pada air seni atau darah, ikan ini bisa masuk ke dalam kemaluan laki-laki melalui air seni. Tapi, dari hasil penelitian ilmiah menunjukkan bahwa hal itu tidak benar.
Luka akibat gogotanikan inibisa diobati dengan dua jenis tanaman, yaitu Xagua (Genipa americana) dan apel Buitach yang dioleskan ke daerah yang terkena. Kedua tanaman ini akan membunuh dan melarutkan ikan tersebut. Jadi bagi yang suka mengoleksi ikan jenis lele,untuk yang satu ini sebaiknya tidak usah dipelihara.




No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About