Betta rubra

Species Betta rubra, adalah spesies betta endemik daerah barat laut pulau Sumatra, Indonesia. Spesies Betta ini hidup mulai dari daerah Meulaboh provinsi Aceh sampai Sibolga provinsi Sumatra Utara.

Penamaan lokal diberikan oleh Perugia sebagai 'Lago Toba, Siboga', dengan alternatif / ejaan dari "Sibolga", dan sebagai penghuni danau di ketinggian 900 m dari permukaan laut.

Klasifikasi:
Order:     Perciformes
Family:    Osphronemidae
Genus:    Betta
Species:  Betta rubra, Perugia, 1893


Sungai-sungai di daerah barat laut pulau Sumatera mengalir ke Samudera Hindia dan wilayah ini hydrogeographically terisolasi dari sisa pulau oleh pegunungan Bukit Barisan, sehingga banyak memiliki spesies endemik di wilayah tersebut.

Spesies Betta rubra memiliki panjang tubuh sekitar 5 cm, yang mendiami perairan dataran rendah, hutan sungai keruh, air keruh serta khas lingkungan blackwater. Berada di habitat yang terhalang dari sinar matahari, karena tertutup oleh daun-daun pohon dan tumbuhan yang tebal, serta air dengan suhu antara 22° - 27° C dan pH 5,0 - 6,5.

Serangga kecil menjadi santapannya, dan zooplankton di alam. Apabila dipelihara akan mudah menerima makanan kering, tapi harus disertai makanan hidup, seperti cacing sutra dan jentik-jentik (anak nyamuk).

Ikan jantan memiliki warna yang cerah, dan sirip-sirip dapat mengembang dengan indahnya. Terutama apabila melihat betina. Sedangkan betina memiliki warna tubuh agak buram, dan warna tidak terlalu terlihat.

Betta rubra adalah dalam ber-reprofuksi adalah mouthbrooder. Dalam pemijahan dalam bak besar, pasangan dibiarkan bersama, kondisi bak harus dibuat sesuai menyerupai bentuk habitat aslinya.

sumber:

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About