Cupang Halfmoon

Dunia ikan hias semakin ramai dengan kehadiran ikan cupang yang dulunya dikenal sebagai ikan laga atau ikan aduan. Semakin berkembangnya variant atau strain yang dihasilkan pada ikan cupang semakin melambungkan harga jual ikan cupang, terutama untuk ikan cupang hias.

Salah satunya yang populer adalah ikan cupang Halfmoon, yang juga berasal dari species Betta splendens, yang kemudian disilangkan dengan species Betta lainnya, sehingga didapatkan hasil seperti Cupang Halfmoon.

Sesuai namanya "Halfmoon", maka penampilan Cupang Halfmoon pun memiliki sirip membentuk "separuh bulan".
Kebanyakan orang menyangka bahwa Cupang Halfmoon adalah hasil ciptaan para peternak cupang di Thailand, yang memang dikenal sebagai gudangnya ikan Cupang. Sebenarnya Cupang Halfmoon merupakan hasil silangan peternak cupang di Amerika Serikat, oleh Laurent & Rajiv, hobbies Betta asal Prancis, yang selanjutnya dikembangbiakkan di Prancis. Sedangkan nama Halfmoon diberikan oleh Jeff Wilson pada tahun 1991 di Prancis.

Kemudian strain Halfmoon pun semakin berkembang dengan semakin banyak strain yang dihasilkan, dengan corak, bentuk sirip dan warna yang bervariasi.

Kehadiran Cupang Halfmoon rupanya menarik minat para hobbies cupang di Eropa, yang kemudian menyebar ke kawasan Eropa. Selanjutnya para peternak dari Amerika Serikat, Prancis dan Swiss membentuk organisasi yang bernama International Betta Splendens Club untuk mewadahi kontes cupang halfmoon dari berbagai belahan dunia. Hingga kini Asia Tenggara pun tidak ketinggalan turut serta mengembangkan strain-strain baru Cupang Halfmoon, seperti Thailand.

Gallery (beberapa penampilan Cupang Halfmoon)


Butterfly Halfmoon
(pic source: bangcupang)

Black Orchid Halfmoon
(pic source: dnsbettatangerang)


White Halfmoon
(pic source: bangcupang)



Related

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About